Scroll untuk baca artikel
Kota Bogor

Ekspor Anyaman Mendong ke Turki: Mitra Binaan Kujang Metal Cetak Rekor

×

Ekspor Anyaman Mendong ke Turki: Mitra Binaan Kujang Metal Cetak Rekor

Share this article
Ekspor Anyaman Mendong ke Turki: Mitra Binaan Kujang Metal Cetak Rekor
Ekspor Anyaman Mendong ke Turki: Mitra Binaan Kujang Metal Cetak Rekor

Oleh Adrian | Kujang Metal


Perdananews.com – Ekspor Anyaman Mendong ke Turki: Mitra Binaan Kujang Metal Cetak Rekor. Dalam dunia kerajinan, terdapat momen penting yang patut dibanggakan oleh komunitas pengrajin lokal khususnya di Kota Bogor. Ekspor Anyaman Mendong ke Turki oleh mitra binaan Kujang Metal dengan program #AinkMetalGelora adalah salah satu prestasi gemilang yang tak hanya membanggakan, tetapi juga menginspirasi. Indonesia yang kaya akan budaya kerajinan telah mencatatkan namanya dalam skala internasional, khususnya di Turki. Bagaimana perjuangan dan kerja keras dalam dunia kreativitas telah membawa komunitas pengrajin lokal di Kota Bogor meraih sukses yang luar biasa?

Ekspor Anyaman Mendong ke Turki: Mitra Binaan Kujang Metal Cetak Rekor

Ekspor Anyaman Mendong ke Turki

Siapa sangka bahwa anyaman mendong, karya tradisional yang sering ditemukan di berbagai daerah Indonesia, bisa merambah hingga ke pasar internasional, terutama di Turki. Mitra binaan Kujang Metal #AinkMetalGelora mampu mengirimkan sekitar 1000 dus anyaman mendong ke negara tersebut. Sebuah nilai yang tak hanya angka belaka, melainkan juga sebuah pencapaian luar biasa dalam industri kerajinan.

Army Setyo Wibowo

Perjuangan Usai Dampak Covid-19

Kisah sukses bangkit setelah perjuangan panjang dampak pandemi Covid-19. Seperti banyak sektor lain, industri kerajinan juga merasakan pukulan berat dari situasi global yang tak terduga. Namun, semangat dan tekad pantang menyerah dari mitra binaan Kujang Metal #AinkMetalGelora telah membuktikan bahwa kreativitas tak terbatas meski dalam kondisi sulit.

Kembalinya Cahaya Ekonomi: Sukses Ekspor Anyaman Mendong

Seiring dengan membaiknya situasi ekonomi pasca pandemi, peluang ekspor pun kembali membuka pintu lebar. Mitra binaan Kujang Metal, melalui program #AinkMetalGelora, berhasil mengambil peluang tersebut dengan cemerlang. Ekspor anyaman mendong ke Turki menjadi bukti konkret bahwa kerja keras dan tekad kuat tak pernah sia-sia. Produk lokal mampu memasuki panggung internasional dengan bangga dan menerima apresiasi yang tak terduga.

Memperkuat Ekonomi Lokal Melalui #AinkMetalGelora

Inisiatif ini merupakan bagian dari program Kujang Metal #AinkMetalGelora, dimana komunitas pengrajin dan workshop berpusat di kelurahan Cikaret, Kota Bogor. Melalui kolaborasi antara Kujang Metal dan mitra binaan, program ini tak hanya menciptakan produk berkualitas, tetapi juga memberi dampak positif pada ekonomi lokal dan penciptaan lapangan kerja khususnya para pemuda yang ciri khasnya memakai kaos #AinkMetal.

Menurut Irlan Ismail, Ketua Kujang Metal kota Bogor, kerajinan anyaman mendong memiliki keunikan tersendiri. Produk seperti tas, tempat penyimpanan aksesori, dan anyaman mendong tak hanya berfungsi praktis, melainkan juga mencerminkan nilai budaya mendalam yang tak ternilai.

“ Workshop anyaman dari mendong ini ada di Flamboyan Cikaret, kami (Kujang Metal) membantu pengrajin untuk bisa menembus pasar ekspor khususnya di Turki. Semoga kedepannya usaha tersebut lancar dan bisa membawa dampak positif bagi para pemuda #AinkMetal yang kami libatkan”. Tutup Irlan Ismail yang juga merupakan Caleg Provinsi Jawa Barat dari Partai Gelora Indonesia untuk Daerah Pemilihan Kota Bogor.

Ekspor Anyaman Mendong ke Turki: Mitra Binaan Kujang Metal Cetak Rekor

Kesuksesan Berkat Kolaborasi Kujang Metal #AinkMetalGelora

Kesuksesan ini menegaskan bahwa kolaborasi yang solid antara komunitas dan sektor swasta memiliki dampak yang luar biasa. Program #AinkMetalGelora menjadi bukti nyata bahwa dukungan yang kuat mampu merubah arah positif kehidupan masyarakat.

Ekspor Anyaman mendong ke Turki oleh mitra binaan #AinkMetalGelora telah mencatat rekor gemilang dalam dunia kerajinan di Kota Bogor. Hal inspiratif tentang bagaimana semangat, kerja keras, dan kolaborasi yang dibawa oleh Kujang Metal melalui Program #AinkMetalGelora membawa perubahan nyata.

Prestasi Ekspor Anyaman Mendong ke Turki ini juga mengingatkan kita akan potensi luar biasa dari warisan budaya dan kekayaan lokal kota Bogor, serta pentingnya mendukung upaya untuk memperkuat ekonomi dan memajukan komunitas lokal.

(red/pni)

Author