Scroll untuk baca artikel
Indonesia

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah

×

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah

Share this article
Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah
Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah

PERDANANEWS.com – Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah. Bruntusan di wajah adalah kondisi di mana terdapat banyak bintik-bintik kecil atau jerawat kecil yang muncul di permukaan kulit wajah. Bruntusan dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak halus, dan dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bruntusan di wajah antara lain:

  1. Kebanyakan produksi minyak pada kulit: Ketika kelenjar minyak di kulit wajah memproduksi terlalu banyak minyak, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu munculnya bruntusan.
  2. Akumulasi sel kulit mati: Jika sel-sel kulit mati tidak terkelupas dengan baik, mereka dapat mengumpul di permukaan kulit wajah dan mengganggu pori-pori, yang dapat mengakibatkan bruntusan.
  3. Reaksi alergi atau iritasi kulit: Penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok atau mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah, seperti parfum, pewarna, atau bahan kimia tertentu, dapat memicu munculnya bruntusan.
  4. Bakteri dan infeksi: Bakteri pada kulit wajah dapat menginfeksi pori-pori yang tersumbat, yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat kecil atau bruntusan.
  5. Kebiasaan buruk perawatan kulit: Kurangnya kebersihan wajah, tidak membersihkan wajah secara teratur, atau tidak menghilangkan make-up dengan benar dapat meningkatkan risiko bruntusan di wajah.

Bruntusan di wajah, atau yang sering dikenal sebagai komedo, dapat dihilangkan dengan beberapa langkah perawatan rutin yang tepat.

Army Setyo Wibowo

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan bruntusan di wajah:

  1. Rutin mencuci wajah: Cuci wajah setidaknya dua kali sehari, menggunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, terutama area yang cenderung berkomedo seperti hidung, dahi, dan dagu.
  2. Gunakan eksfoliator: Eksfoliasi wajah secara teratur dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Pilihlah eksfoliator yang cocok untuk jenis kulit Anda, dan gunakan sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan.
  3. Hindari memencet komedo: Meskipun terlihat menggoda, memencet komedo bisa memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan peradangan atau bahkan infeksi. Jangan pernah memencet komedo dengan tangan atau alat yang tidak bersih. Jika Anda ingin mengeluarkan komedo, sebaiknya lakukan oleh ahli kecantikan yang terlatih.
  4. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai: Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai untuk jenis kulit Anda, termasuk pembersih wajah, toner, serum, dan pelembap. Pilih produk yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori atau memperburuk komedo, seperti minyak mineral atau produk yang terlalu berat.
  5. Gunakan masker wajah: Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi komedo. Pilihlah masker yang mengandung bahan-bahan seperti lumpur atau arang aktif yang dapat membantu menarik kotoran dan minyak dari pori-pori.
  6. Hindari penggunaan kosmetik berminyak: Kosmetik berminyak dapat meningkatkan risiko timbulnya komedo. Pilihlah kosmetik yang bersifat non-komedogenik atau bebas minyak untuk menghindari penyumbatan pori-pori.
  7. Jaga kebersihan benda yang bersentuhan langsung dengan wajah: Selalu pastikan untuk mencuci handuk, sarung bantal, dan alat kosmetik seperti kuas make-up secara rutin. Hal ini untuk menghindari penumpukan minyak, kotoran, atau bakteri yang dapat menyebabkan komedo.
  8. Perhatikan pola makan dan gaya hidup sehat: Pola makan yang sehat dan hidrasi yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan cepat saji, dan makanan tinggi gula. Selain itu, tidur yang cukup, mengurangi stres, dan menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan juga dapat membantu merawat kulit wajah.

Namun, jika bruntusan di wajah Anda parah atau tidak kunjung membaik meskipun telah melakukan perawatan segera lakukan cek ke dokter specialis kulit.

(red/pni)

Baca Juga: Buktikan Tiktok Bisa Jadi Lumbung Cuan, Host Tiktok Ini Kebanjiran Rejeki Sebelum Lebaran