PERDANANEWS.COM – TEKNOLOGI – Aplikasi SDGs Desa Versi 1.8 Dapat Didownload di Sini. Minggu-minggu ini pemerintah melalui Kemendes sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisas sekaligus pelatihan terhadap calon relawan SDGs Desa di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Indonesia.

SDGs didefinisikan sebagai upaya terpadu pemerintah dalam mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, dengan program ini pemerintah mencoba menghadirkan Desa dengan ekonomi yang tumbuh merata, Desa yang peduli kesehatan, Desa yang peduli lingkungan, Desa yang peduli pendidikan, Desa yang ramah perempuan, Desa yang berjejaring, dan Desa yang tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dengan kata lain pemerintah ingin membentuk  Desa yang dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals atau disingkat SDGs. SDGs Desa diharapkan menjadi role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021

Maka atas dasar itu pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs Desa yakni pemutakhiran data IDM yang lebih detil, lebih mikro, dan lebih mendalam sehingga kedepannya dapat memberikan informasi lebih banyak tentang keadaan sesorang.

Pendataan menggunakan system SDGs  ini disajikan sebagai proses perbaikan dan juga pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

adapun pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDGs Desa ialah Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa, pemerintah daerah kabupaten/kota, pemerintah daerah provinsi, dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi. Dengan merujuk pada Permendesa PDTT No 21/2020.

Aplikasi SDGs Desa Versi 1.8 Dapat Didownload di Sini

Sementara itu Merujuk pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

1. Desa sehat dan sejahtera

2. Pendidikan desa berkualitas

3. Desa tanpa kemiskinan

4. Desa tanpa kesenjangan

5. Desa tanpa kelaparan

6. Desa damai dan berkeadilan

7. Desa berkesetaraan gender

8. Desa layak air bersih dan sanitasi

9. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan

10. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa

11. Inovasi dan infrastruktur desa

12. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan

13. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan

14. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa

15. Ekosistem laut desa

16. Ekosistem daratan desa

17. Kemitraan untuk pembangunan desa

18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Di sisi lain upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, kondisi masyarakat yang sudah sangat lelah dengan berbagai persoalan hidup akibat covid-19 makin hari makin membuat depresi banyak orang.

Oleh  karena itulah, penggunaan dana desa anngaran 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung tercapainya 10 (sepuluh) SDGs desa yang lebih difokuskan pada  kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa. Sedangkan 10 SDGs menjadi sasaran prioritas dalam situasu dan kondisi Pandemi Covid-19 adalah :

1. Desa sehat sejahtera

2. Desa tanpa kemiskinan,

3. Desa tanpa kelaparan,

4. Desa berenergi bersih dan terbarukan

5. Keterlibatan perempuan desa,

6. Desa damai berkeadilan,

7. Pertumbuhan ekonomi desa merata,

8. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan,

9. Kemitraan untuk pembangunan desa, dan

10. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Naah bagi siapapun masyarakat yang ingin terlibat menjadi relawan maka baiknya gunakan aplikasinya dan sihkan download terlebih dahulu. Dan anda bisa download di sini :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kemendes.survey&hl=in&gl=US

Adapun terkait panduan pengisian, selengkapnya dapat dilihat di menu input SDGs Desa pada link berikut ini;

https://www.kemendesa.go.id/sid/

Demikian informasinya semoga bermanfaat.(sbr/pn)

Perdananews