PERDANANEWS.COM – TEKNO – Aplikasi Korlantas PolriPerpanjang SIM Gak Pake Ribet. Trobosan luar biasa dilakukan oleh pihak kepolisian dalam memudahkan para pemilik kendaraan melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Jika sebelumnya untuk melkaukan perpanjangan SIM para pemilik kendaraan harus datang ke Samsat kedepan sudah tidak perlu lagi. Semuanya cukup dilakukan melalui aplikasi yang diberi nama Aplikasi Digital Korlantas POLRI.

Aplikasi tersebut diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Selasa 13 April 2021.

Dengan aplikasi ini, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pelayanan perpanjang SIM dari rumah menggunakan gadget masing-masing. Meskipun aplikasi ini masih berada pada standar menu yang masih dalam pematangan Polri bahkan menjanjikan kedepannya aplikasi ini bisa digunakan untuk pembuatan SIM baru bagi para pemilik kendaraan yang belum memiliki SIM.

Aplikasi ini adalah aplikasi resmi dari Korlantas POLRI Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan Korlantas.

Aplikasi ini sebelumnya dikenal dengan nama SINAR (SIM Nasional Presisi). Namun kini SINAR dalam Aplikasi Digital Korlantas Polri tersebut menjadi salah satu fitur atau menu yang tersedia di dalam aplikasi itu.

Perpanjang SIM Gak Pake Ribet – Aplikasi Korlantas Polri

Terdapat beberapa menu dalam aplikasi Digital Korlantas Polri antara lain sebagai berikut:

SINAR (SIM Nasional Presisi)
Perpanjangan SIM
Pembuatan SIM Baru (akan segera tersedia)
SIGNAL (Samsat Digital Nasional)
Pembayaran PKB (akan segera tersedia)
E-TBPKP dan E-Pengesahan (akan segera tersedia)
SAMSAT Keliling (akan segera tersedia)
NTMC POLRI
CCTV (akan segera tersedia)
Berita (akan segera tersedia)
ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement)
Notifikasi Real Time (akan segera tersedia)

Masyarakat patut bersyukur bahwa dengan adanya aplikasi ini semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan atau menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang ditetapkan oleh Negara berkaitan dengan dirinya terutama dalam hal kepemilikan kendaraan.

Melihat historis dari aplikasi ini, tercatat bahwa up date terakhir dilakukan pada 12 April 2021. Sudah didownload oleh lebih dari 10 ribu pengguna dan mendapatkan ulasan yang cukup baik dari masyarakat. Total ulasan telah mencapai 703 ulasan.

Ukuran aplikasi 34M, rating konten masih bertengger pada 3+. Versi dari aplikasi masih 1.0.0 dan android yang dibutuhkan cukup android 5.0.

Bagi siapapun yang ingin mendownload aplikasi ini, anda bisa langsung saja klik link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.qoin.korlantas.user

Demikian informasi ini disampaikan semoga bermanfaat dan silahkan berselancar demi kemudahan anda kedepan. (sbr/pn)

Perdananews