PERDANANEWS.COM – Kecanggihan dunia digital memberi banyak kemudahan bagi masyarakat dalam hal menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya sekarang ada aplikasi perpanjangan SIM online dengan download Aplikasi SIM Nasional Presisi yang memudahkan para pemilik kendaraan untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi ataupun mendaftar baru.

Kabar baik tersebut disambut gembira oleh masyarakat karena untuk proses perpanjangan SIM atau daftar untuk punya SIM, tidak lagi harus mengantri di kantor SatPas. Sebab Anda kini hanya tinggal membuka handphone lalu menuju aplikasinya. Rencananya, pemerintah akan meluncurkan aplikasi ini pada April 2021.

Cara Mendaftar Perpanjangan SIM

Anda tinggal mendownload aplikasi perpanjangan SIM online melalui App Store atau Play Store. Cara perpanjangan SIM A dan C secara online tidak perlu daftar ke Satpas terlebih dahulu.

Selanjutnya, Anda tinggal memverifikasi nomor telepon seluler, lalu akan muncul fitur registrasi untuk menulis Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan atau nomor SIM sebelumnya. Data ini akan bisa menentukan apakah pemohon benar-benar sudah terdaftar di data registrasi Polri bahwa sebelumnya sudah membuat SIM. Jika data palsu maka verifikasi akan dibatalkan.

Kemudian dalam aplikasi perpanjangan SIM online harus verifikasi hasil e_RIKKES dan e-PPSI untuk memeriksa kesehatan dengan cara elektronik. Dokkes Mabes Polri telah memberitahukan pada Dokkes seluruh Indonesia. Lalu petugas Dokkes Polda memberitahukan pada kedokteran yang telak ditunjuk di setiap wilayah untuk memeriksa pemohon.

Setela tim dokter selesai memeriksa pemohon maka mereka akan mengunggah hasil pemeriksaan kesehatan, hasil psikotes, dan pernyataan lolos atau tidak.

Aplikasi perpanjangan SIM juga harus mencantumkan nomor rekening pembayaran serta pengembalian dana. Pemohon tersebut akan ditolak jika dalam waktu 14 hari tidak memenuhi persyaratan.

Untuk pembayaran, bisa dilakukan secara cashless, yang artinya pemohon akan diminta melakukan transaksi melaluIi Bank BRI terdekat atau dengan metode transfer.

Baca Juga: Baru Rilis 20 April, Aplikasi Penghasil Uang SYW, Berjalan Hasilkan Koin Bitcoin

Perdananews