PERDANANEWS.COMMahasiswa UB Hadirkan Biskot Herbal yang Bisa Obati Anak Stunting. Mahasiwa Indonesia kembali menorehkan satu prestasi yakni menemukan satu penelitian di mana ulat hongkong mampu mengatasi stunting atau penyakit kekerdilan. Mereka adalah mahasiswa Indonesia Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (UB)

Para mahasiswa ini mampu menghadirkan satu inovasi  karya pengolahan makanan herbal sehat  yang dapat dijadikan obat untuk pengobatan anak-anak yang mengalami kekerdilan (stunting). Hasil temuan itu diberi nama Biskot ulat.

Salah satu anggota tim pengembang Biskot ulat hong kong, Sularso, menjelaskan berdasarkan data World Health Organization (WHO) tahun 2014, tercatat 24,5 persen balita di dunia mengalami kekerdilan.

“Indonesia merupakan negara dengan prevalensi kekerdilan terbesar kelima, yakni 36 persen (dari 7.547 jumlah anak stunting) pada tahun 2019,” kata Sularso Rabu, (3/3/21)

Sularso  menyampaikan bahwa timnya  bergerak berdasarkan catatan WHO tersebut untuk melakukan inovasi mengembangkan produk-produk inovatif dan berkualitas yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan bidang kesehatan, termasuk stunting atau kekerdilan.

Sularso menjelaskan bahwa Kandungan protein pada larva ulat hong kong, cukup tinggi, yaitu 47,44 persen dengan asam amino berupa taurin sebesar 17,53 persen dan kadar lemak 21,84 persen. Seperti kita  ketahui bahwa senyawa-senyawa tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh pada masa tumbuh kembang anak.

Mahasiswa UB Hadirkan Biskot Herbal yang Bisa Obati Anak Stunting

“Ulat hong kong atau mealworm biasanya dibudidayakan hanya untuk dijadikan pakan unggas, karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Namun, sebenarnya ulat ini termasuk dalam ordo coleoptera yang merupakan ordo keempat, artinya paling banyak dikonsumsi manusia,” kata Sularso.

Penelitian ini dilakukan oleh Sularso, Hendarto, Zuhdan Alaik, Retno Nur Fadillah, dan Yasri Rahmawati, di bawah bimbingan Dr. Dedes Amertaningtyas, S.Pt.,MP. Dan hasil penelitian  ini berhasil memboyong medali perak dalam ajang internasional bertajuk Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021.

Diketahui bahwa AISEEF merupakan kompetisi internasional yang diadakan setiap tahun antar universitas se- Asia dalam bidang science, lingkungan dan entrepreneurship.

Kita berharap semoga mahasiswa-mahasiwa kreatif, inovatif terus melahirkan karya-karya brilian yang dapat bermanfaat tidak hanya untuk rakyat indobesia tapi juga untuk umat manusia di dunia (sbr/pn)

Perdananews