by

Aplikasi Laporan Harian Pendamping Desa, Download Disini!

PERDANANEWS.com – Aplikasi Laporan Harian Pendamping Desa, Download Disini!. Pendamping Desa bukan hanya sebatas melakukan fasilitasi pada penyelenggaraan pemerintah desa, Pembangunan Desa, kerjasama antar desa dan Badan Usaha Milik Desa akan tetapi juga melaporkan semua kegiatannya secara berjenjang.

Sesuai amanat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Desa Transmigrasi dan Daerah Tertinggal/ PDTT Nomor 3 tahun 2015 Pasal 12 tentang pendamping desa bahwa Pendamping Desa melaksanakan tugas mendampingi Desa, meliputi:

  • Mendampingi  Desa  dalam  perencanaan,  pelaksanaan,  dan  pemantauan terhadap pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa;
  • Mendampingi  Desa  dalam  melaksanakan  pengelolaan  pelayanan  social dasar, pengembangan usaha ekonomi Desa, pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tepat guna, pembangunan sarana prasarana Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa;
  • melakukan peningkatan kapasitas bagi Pemerintahan Desa, lembaga kemasyarakatan Desa   dalam   hal   pembangunan   dan   pemberdayaan masyarakat Desa;
  • melakukan  pengorganisasian  di  dalam  kelompok-kelompok  masyarakat Desa;
  • Melakukan peningkatan kapasitas bagi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa dan mendorong terciptanya kader-kader pembangunan Desa yang baru;
  • Mendampingi   Desa   dalam   pembangunan  kawasan  perdesaan  secara partisipatif; dan
  • Melakukan    koordinasi    pendampingan    di    tingkat    kecamatan    dan memfasilitasi  laporan  pelaksanaan  pendampingan  oleh  Camat  kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Maka Pendamping Desa perlu melaporkan kemajuan kegiatan pendampingan secara berkala.

Untuk mempermudah laporan, berikut kami sediakan aplikasi untuk mempermudah dalam menyusun laporan Pendampingan setiap bulannya.

Aplikasi laporan harian untuk Pendamping Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia

Link Download Laporan Bulanan Pendamping Desa

Format laporan bulanan TPP bulan Januari 2021 mengacu pada SOP P2TPP atau format laporan sebelumnya, dengan penyesuaian sebagai berikut :

PLD dan PD membuat laporan bulanan yang terdiri dari Lembar Waktu Kerja (LWK), Rencana Kerja bulanan dan Realisasi Kerja Harian, TAPM Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat membuat laporan bulanan yang terdiri dari Lembar Waktu Kerja (LWK), Rencana Kerja bulanan dan Realisasi Kerja Harian serta membuat laporan program yang disusun secara kolektif oleh tim di Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat dan menjadi tanggung jawab Koordinator Kabupaten/Kota, Koordinator Provinsi dan Koordinator Nasional,Laporan ditujukan kepada Satker BPSDMPMDDTT, Kementerian Desa, PDTT dengan alamat : Jl. TMP. Kalibata No. 17 Jakarta Selatan 12750, DKI Jakarta dan disampaikan dalam 1 (satu) file format pdf dimana LWK, Rencana Kerja Bulanan, dan Realisasi Kerja Harian digabung menjadi satu (1) file, sedangkan laporan program per kabupaten/kota dan per provinsi disampaikan dalam 1 (satu) file oleh Koordinator Kabupaten/Kota dan Koordinator Provinsi dengan ukuran file masing-masing maksimal 4 (empat) Megabytes (Mb) melalui website: https://pendamping.kemendesa.go.id/laporan, laporan disampaikan pula kepada supervisor.

Setiap supervisor membuat rekapan laporan TPP di bawahnya serta rekomendasi pembayaran Honorarium, Bantuan Biaya Operasional dan Asuransi untuk disampaikan secara berjenjang kepada Satker BPSDMPMDDTT melalui Koordinator Provinsi, dan Koordinator Provinsi menyampaikan rekapan laporan bulanan dan rekomendasi pembayaran dalam lingkup Provinsi kepada Satker BPSDMPMDDTT paling lambat 10 Februari 2021.

Hal diatas, sehubungan dengan adanya perubahan kebijakan pengelolaan pendampingan masyarakat desa dan/atau sebagaimana saya kutip langsung melalui Surat Edaran Nomor : 18/PMD.04.01/I/2021 yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Satker BPSDMPMDDTT) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, pada Selasa (26/01/21), perihal Laporan Bulanan TPP TA. 2021.

Karena laporan individu (lapindu) selanjutnya akan dilaksanakan melalui aplikasi, sebut surat edaran itu, maka seluruh Tenaga Pendamping Profesional (TPP) wajib mendownload aplikasi tersebut.

Cara Instal Aplikasi Laporan Harian Pendamping Desa, Kemendesa PDTT

 Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan aplikasinya. Silahkan masuk melalui smartphone anda ke playstore. Kemudian ketik keyword “laporan pendamping desa” atau “laporan harian : pendamping desa, KEMENDESA PDTT” di menu search (pencarian).

Sekilas Tentang Aplikasi Laporan Pendamping Desa

Bagi anda yang kebetulan sudah menginstal, namun tidak bisa login (masuk). Mohon bersabar. Karena petunjuk penggunaan aplikasi ini, akan disampaikan kemudian.

Akan tetapi, bagi anda yang penasaran, terkait menu apa saja sih yang terdapat dalam aplikasi laporan pendamping desa.

Anda bisa login ataupun masuk menggunakan username dan password sipede (khusus bagi yang sudah memiliki akun di sipede).

(adr/pn)

Perdananews