by

Aplikasi Duitin Pengubah Sampah Jadi Rupiah

PERDANANEWS.comApa Itu Aplikasi Duitin, Pengubah Sampah Jadi Rupiah. Permasalahan sampah plastik di Tanah Air diyakini bisa teratasi, salah satunya melalui pemanfaatan berbagai inovasi dan teknologi digital yang dapat mengubah persoalan sampah menjadi peluang bisnis.

Aplikasi Duitin adalah sebuah aplikasi yang berlandaskan dari gerakan untuk memilah, mengumpulkan serta mengelola sampah sehingga bisa mendapatkan ‘kehidupan kedua’ melalui proses daur ulang. Duitin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak bersama demi mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Salah satu tantangan dalam memilah adalah terbatasnya informasi serta akses untuk melakukan daur ulang. Duitin hadir melalui layanan digital untuk menjawab kebutuhan masyarakat mulai lingkup terkecil yaitu keluarga.

Sebetulnya Bagaimana cara mendaur ulang sampah dan memetik rupiah dari sampah? Perdananews.com sudah merangkumnya seperti dilansir dari portal resmi Duitin.id.

  • Pilah sampah daur ulang, Memulai kebaikan dengan memilah sampah daur ulang berdasarkan jenisnya.
  • Pesan Picker (Mitra Duitin) melalui Duitin Unduh aplikasi DUITIN lalu pesan penjemputan sampah daur ulangmu.
  • Dapatkan Rewards!  Dapatkan rewards untuk setiap sampah daur ulang yang telah pengguna serahkan pada aplikasi.

Mengakhiri limbah, berbuat baik untuk alam

Seperti diketahui, sebagian besar kemasan plastik yang kita gunakan, seperti botol air mineral dan kemasan makanan, berakhir di tempat pembuangan sampah.

Berdasarkan data dari McKinsey and Co & Ocean Conservancy yang dilansir dari Duitin.id, Indonesia menempati peringkat kedua sebagai penghasil sampah plastik terbanyak di dunia yaitu mencapai 63,9 juta ton per tahun. Dari jumlah tersebut, hanya kurang dari 10% yang dapat didaur ulang. Sisanya, berakhir di TPA atau lebih buruk lagi, terbawa arus ke laut. Lebih lanjut, data menyebutkan bahwa lebih dari 80% sampah yang terdapat di laut berasal dari darat.

Limbah plastik tersebut tidak bisa terurai hingga 450 tahun, sehingga timbunan dan residunya akan melepaskan bahan kimia beracun, yang beresiko mencemari tanah, air serta udara. Akibatnya, sampah tidak hanya menimbulkan polusi terhadap lingkungan di darat dan lautan, namun juga mengancam keberlangsungan dari makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan, bahkan manusia — Ya, termasuk kamu.

Semangat perubahan bersama Duitin

Untuk melakukan perubahan masa depan dan lingkungan yang lebih baik Bersama Duitin, kamu bakalan diajak untuk melakukan perubahan dengan cara yang sederhana; memilah sampah daur ulang lalu pesan penjemputan sampah daur ulangmu melalui aplikasi Duitin.

Selain berkontribusi untuk bumi dan alam yang lebih baik, kamu juga berkesempatan ikut meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi bagi sebagian lapisan masyarakat. Duitin berkomitmen memberi dampak positif bagi lingkungan sekaligus memiliki visi untuk menaikkan taraf hidup dan citra profesi bagi para picker di mata masyarakat.

Melalui aplikasi Duitin, kamu bisa melakukan pengolahan awal sampah daur ulang dengan mengakses fasilitas penjemputan sampah melalui aplikasi ponsel.

Sampah daur ulang yang telah dijemput, akan dibersihkan serta dipilah berdasarkan jenis, warna dan bahannya, kemudian dikirimkan ke pabrik pencacah. Hasil pencacahan dapat diproses kembali menjadi barang baru seperti karung atau botol plastik. Tidak hanya itu, hasil pencacahan juga bisa diolah sebagai bahan untuk membuat biji plastik, benang, kain bahkan untuk diekspor! Wah, banyak ya!

Dengan mimpi besar ini, Duitin mengajak kamu semua untuk melakukan langkah awal daur ulang dimulai dengan memilah sampah domestik di rumahmu.

Untuk bergabung dengan Program ini kamu bisa ikut mendaftar menjadi Duitin Picker. Duitin Picker adalah mitra yang telah terdaftar dan bekerja untuk melakukan penjemputan juga pembelian sampah daur ulang dari para Duitin Contributor dengan bantuan aplikasi ponsel dan menjualnya ke pengepul terdekat.

Beberapa Keuntungan yang bisa didapat jika menjadi Duitin Picker;

  1. Mendapatkan sampah daur ulang yang terpilah dengan mudah.
  2. Bonus bulanan dari performa kerja.
  3. Waktu kerja yang fleksibel.
  4. Memiliki pencatatan transaksi yang jelas.
  5. Berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan berbagai produk digital seperti; Pulsa, Paket Data, Token Listrik

Berikut beberapa Pertanyaan Seputar Aplikasi Duitin yang bisa kamu dapatkan

Apakah Aplikasi Duitin ?

Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan dalam pengelolaan sampah daur ulang hingga memperoleh picker untuk menjemput sampah daur ulang tersebut.

Apakah Aplikasi Duitin Aman ?

Sangat Aman! aplikasi Duitin dibangun dengan tingkat keamanan yang tinggi. Salah satunya adalah penggunaan PIN pada saat terjadi transaksi.

Apakah Aplikasi Duitin Picker ?

Aplikasi ini dipergunakan oleh para picker Duitin untuk berkerja dalam memperoleh sampah daur ulang yang lebih mudah dan cepat.

Apakah membutuhkan jaminan untuk menjadi Picker Duitin ?

Tidak! untuk menjadi Picker Duitin hanya memerlukan ponsel pintar, saldo Duitin yang mencukupi dan atribut resmi Duitin.

Mengapa harus menggunakan Aplikasi Duitin ?

Dengan menggunakan Duitin kita ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masa depan.

Dimana Aplikasi Duitin bisa diunduh ?

Duitin bisa diunduh pada Google Play Store dan di Apple Store.

Sampah apa saja yang bisa diterima oleh Picker Duitin ?

Saat ini, hanya plastik dan kertas/karton yang dapat diterima oleh Picker Duitin. Untuk jenis sampahnya dapat dilihat pada aplikasi Duitin.

Apa yang dimaksud dengan Coin dan Poin Duitin ?

Coin Duitin adalah nilai tukar hasil penjualan/pembelian sampah daur ulang.

Poin Duitin adalah hasil dari berbagai transaksi didalam aplikasi Duitin.

Dimana saja area cakupan aplikasi Duitin ?

Saat ini, aplikasi Duitin mencakup sebagian Jakarta Selatan dan area yang terdekatnya.

Bagaimana menghubungi pelayanan DUITIN ?

Pelayanan DUITIN dapat di hubungi melalui telepon di +6221 50112233 atau eMail ke support@duitin.co.id.

Mengapa harus upload KTP pada saat pendaftaran ?

Aplikasi Duitin saat ini sudah terhubung dengan layanan LinkAja, untuk itu faktor keamanan dan kenyamanan pengguna adalah hal paling utama.

Apakah saya dapat membatalkan pesanan pengambilan sampah Daur Ulang ?

Bisa! tidak hanya membatalkan, waktu penjemputanpun dapat disesuaikan bahkan berat timbanganpun dapat diperbaharui, sebelum proses pembayaran terjadi.

Berapa berat minimum untuk dapat melakukan pemesanan penjemputan sampah Daur Ulang ?

berat minimum adalah 2 Kg untuk masing-masing jenis sampah Daur Ulang.

Baca Juga Aplikasi Compass Penghasil Uang dan Saldo Dana Terbaru, Scam atau Legit?

(adr/pn)

Perdananews