by

Wisata Alam Desa Ciasmara: Destinasi Wisata Alam Di Tengah Pandemi

PERDANANEWS BOGOR – Wisata Alam Desa Ciasmara terletak di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor yang di apit oleh sebuah gunung yang bernama Gunung Salak yang terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya adalah Pesona Wisata Desa Ciasmara. Terendus setelah viral di tahun 2018 hingga kini pesona wisata alam desa Ciasmara menjadi daya tarik tersendiri, salah satunya adalah camping ground Pasir Luhur.

Hampir setiap Minggu pengunjung dan pecinta alam ada di area tersebut hanya sekedar untuk ber kemah ataupun melaksanakan kegiatan pelatihan, salah satunya adalah latihan navigasi darat yang banyak di lakukan oleh komunitas ataupun pecinta alam lainya.

Ditemui pada saat survey kegiatan di area pasir luhur Minggu (31/01/2021) beberapa pengunjung menyampaikan bahwa ” suasana di area pasir luhur ini memang sangat asri dan alami dan ini harus dipertahankan ke aslianya, dan sedikit masukan dari kami mck nya agar di perbanyak , di karena kan banyaknya pengunjung seperti sekarang ini jadi antri kita pak “, punkasnya.

Hadir pada saat survey kegiatan Kepala Desa dan Sekretaris Desa yang ikut tour navigasi meninjau titik lokasi wisata alam desa Ciasmara yang akan di tata di tahun 2021 ini dengan berbagai inovasi yang bekerjasama dengan berbagai lembaga dan komunitas pecinta alam dalam mengelola dan menjaga hutan.

Wisata Alam Desa Ciasmara, Destinasi Wisata Alam Di Tengah Pandemi
Wisata Alam Desa Ciasmara, Destinasi Wisata Alam Di Tengah Pandemi

Sekdes Ciasmara sodara Dede Yusef menyampaikan bahwa ” Wisata alam ini buka tentang seberapa banyak kita meraup keuntungan dari alam, akan tetapi seberapa hebat kita memelihara alam hutan kita yang ada saat ini, jangan sampai dengan adanya wisata justru alam hutanya kita lupakan, intinya Ciasmara akan ber inovasi dan mengajak kelompok kreatif dan Komunitas dari manapun untuk menjaga alam tetap hijau karena hutan yang kita hijaukan itulah yang akan memberikan manfaat buat kita “, lanjutnya.

Terkait viralnya camping ground pasir luhur Desa Ciasmara saat ini yang hampir tiap minggu di kunjungi pengunjung dari berbagai daerah dan berbagai komunitas pecinta alam tak lepas dari kegiatan positif pengelola pasir luhur dalam memelihara hutan dan melaksanakan penanaman pohon di sejumlah titik yang hutanya masih gundul.

Dengan demikian maka percepatan ekonomi di tengah pandemi mudah-mudahan dapat terwujud dengan cepat, dan dapat melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang ada di area atau kawasan tersebut dalam memberikan lapangan pendapatan dan lapangan kerja baru sehingga masyarakat setempat pun dapat merasakan dampak positif secara ekonomi dengan adanya kegiatan pemeliharaan alam dan penghijauan hutan tersebut. (red/Rdw)

Perdananews