by

Inilah Pedoman Lengkap Penggunaan Aplikasi SIAP Apoteker (Sistem Informasi Apoteker)

PERDANANEWS.comInilah Pedoman Lengkap Penggunaan Aplikasi SIAP Apoteker (Sistem Informasi Apoteker). Ikatan  Apoteker  Indonesia  adalah  satu-satunya  Organisasi  Profesi  Apoteker  di  Indonesia  yang  diakui  oleh  Pemerintah  Republik  Indonesia  dan  ditetapkan  dengan  Keputusan  Menteri  Hukum  dan  Hak  Asasi  Manusia  Republik  Indonesia  Nomor:  AHU-17.AH.01.07  Tahun  2013  tanggal  13  Februari  2013  tentang  Pengesahan  Badan  Hukum  Perkumpulan  yang  menetapkan,  memberikan  pengesahan  Akta  Pendirian  :  IKATAN  APOTEKER INDONESIA disngkat IAI, NIP.03.093.733.8-031.000.

Sebagai  Organisasi  Profesi,  Ikatan  Apoteker  Indonesia  memiliki  kewajiban  dalam  mewujudkan  maksud  dan  tujuan  ikatan  sesuai  dengan  yang  tercantum  dalam  AD/ART  IAI  XX.  Pada  kesempatan  ini  Ikatan  Apoteker  Indonesia  berupaya  mendorong  pemanfaatan  teknologi  informasi  dalam  memberikan  pelayanan  keanggotan  secara  baik yang dilengkapi dengan wadah aspirasi dan interaksi serta data statistik yang akan sangat bermanfaat bagi Organisasi dan stake holder dalam memajukan peranan profesi Apoteker di masyarakat.

Konsep nyata upaya tersebut terwujud dalam aplikasi SISTEM INFORMASI APOTEKER yang disingkat dalam Aplikasi ”SIAP” Untuk  kemudahan  dalam  penggunaan  aplikasi  SIAP,  Ikatan  Apoteker  Indonesia  telah   menyusun   dokumen   manual   pedoman   penggunaan   aplikasi   “SIAP”   yang   merupakan  panduan  bagi  pengguna  aplikasi  dalam  menjelaskan  keseluruhan  fi  tur-fi  tur yang terdapat di dalam aplikasi. Dalam    hal    pengimplementasian    “SIAP”,    Ikatan    apoteker    Indonesia    telah    membangun dan mensosialisasikan sistem yang dapat diakses melalui alamat website : https://www.apoteker.or.id

Deskripsi Umum Sistem

Aplikasi  ini  merupakan  tool  (alat  bantu)  kolaborasi  bagi  para  pelaku  farmasi  di  Indonesia  untuk  memudahkan  proses  pengurusan  kebutuhan  administrasi  organisasi  dan  profesi,  sehingga  proses  pengurusan  dapat  dilakukan  dengan  tepat  dan  cepat.  Aplikasi  mampu  memberikan  informasi  yang  diperlukan  para  Stakeholder  Organisasi  dalam mengambil sebuah kebijakan berupa statistik data hasil dari proses pengumpulan data yang di-inputkan baik oleh anggota maupun pengurus.

Sumber Daya yang Dibutuhkan

Untuk   dapat   menggunakan   aplikasi   ini   dengan   baik   dibutuhkan   beberapa   ketentuan minimal yang harus dipenuhi diantaranya adalah

Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang digunakan dalam pengujian adalah aplikasi browser Google Chrome,(sangat direkomendasi) Mozila Firefox, Opera.

Perangkat Keras

Perangkat   keras   yang   digunakan   dalam pengujian: Komputer atau Laptop yang memiliki koneksi    jaringan    internet.    Handphone    atau tablet yang memiliki koneksi jaringan internet.

Sumber Daya Manusia

Sumber   daya   manusia   yang   akan   menggunakan aplikasi ini dari sisi Anggota adalah  yang  memiliki  pemahaman  antar  muka computer dan mengoperasikannya, pemahaman    antar    muka  dan handphone  dan mengoperasikannya.  Sedangkan dari sisi Moderator adalah yang memiliki   pemahaman   tentang   Laporan   Layanan   dan   mampu   mengoperasikan   komputer.  Dan  dari  sisi  Pengurus  adalah  tidak    hanya    mampu    mengoperasikan    computer      namun      juga      memahami      tentang  standar  layanan  dan  memahami  prosedur      layanan.      Disertai      dengan      pemahaman  akan  seluruh  peraturan  dan  ketentuan  yang  berlaku  pada  Organisasi  baik berupa AD ART, Peraturan Organisasi, Kebijakan    dan    atau    Keputusan    dari    Kementrian terkait.

AKTIVASI Akun Aplikasi SIAP bagi Anggota yang memiliki Nomor Anggota

  1. Kunjungi aplikasi di apoteker.or.id pada halaman browser.
  2. Masukkan Nomor Anggota dan Kata Sandi (yang digunakan pada saat Mitigasi)
  3. Jika Kata Sandi Lupa, Klik “Lupa Sandi
Inilah Pedoman Lengkap Penggunaan Aplikasi SIAP Apoteker (Sistem Informasi Apoteker)
Inilah Pedoman Lengkap Penggunaan Aplikasi SIAP Apoteker (Sistem Informasi Apoteker)

Review Layanan

Aktivasi Layanan

Untuk dapat mengajukan layanan secara online sejawat harus mengaktifasi akun dengan menekan tombol di samping kanan. Selanjutnya aplikasi akan melakukan skrining data untuk memeriksa kelengkapan persyaratan dokumen. Apabila ada dokumen yang belum diunggah maka sistem akan mengarahkan sejawat untuk melengkapi dokumen layanan tersebut. Jika seluruh dokumen telah dilengkapi maka proses skrining akan berlanjut dengan memuat aktifasi layanan.

Permohonan Anda telah selesai dibuat. Selanjutnya periksa kembali pengajuan yang telah dibuat dan lengkapi persyaratan-persyaratan dokumen dan administrasinya jika ada.Klik tutup dan buka laman Layanan.

reviews

Catat kode transaksi di atas Lakukan pembayaran sesuai tagihan hanya ke nomor rekening di atas Masukkan kode transaksi di atas pada kolom berita atau kolom no referensi Jika Sejawat sudah melakukan pembayaran silahkan unggah bukti pembayaran.

Tahapan selanjutnya klik “unggah bukti Bayar”.Sejawat akan diarahkan untuk mengunggah bukti pembayaran layanan aktivasi. Tata cara unggah bukti pembayaran lihat pada halaman petunjuk umum terkait tata cara unggah bukti pembayaran. Pastikan nomor rekening yang dituju adalah nomor rekening organisasi bukan nomor rekening perorangan, untuk mencegah hal-hal yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Apabila sejawat mengalami kendala dalam mengajukan layanan aktivasi bisa menghubungi nomor pada kolom bantuan. Selanjutnya untuk mengajukan permohonan aktivasi layanan yang sudah dibuat Klik ajukan.

aktivasi aplikasi siap

(adr/pn)

Perdananews