by

30 Laporan Efek Samping Vaksin Sinovac

PERDANANEWS.COM  – JAKARTA – 30 Laporan Efek Samping Vaksin Sinovac. Mulai masifnya pendistribusian vaksin covid-19 oleh pemerintah menjadi harapan baru masyarakat untuk segera terbebas dari wabah yang telah memporak-porandakan stabilitas dunia tersebut.

Namun demikian tidak selamanya sesuatu yang baik itu berjalan sesuai harapan. Tentu ada saja kendala di lapangan. Hal itu juga yang dialami oleh Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI).

Komnas KIPI dalam pemantauan dampak vaksin telah menerima 30 laporan efek samping dari vaksin Sinovac sampai Rabu, (20/1/21). Namun demikian Ketua Komnas KIPI, Hindra Irawan Satari mengakui bahwa laporan KIPI yang diterima masih bersifat ringan.

“Semua bersifat ringan dan sesuai dengan yang dilaporkan jurnal-jurnal dan tempat lain,” katanya melalui keterangan pers, Kamis (21/1/21).

Hindra menyebut bahwa saat ini kondisi penerima vaksin Sinovac yang merasakan efek samping sudah sehat. Sebagian besar dari mereka yang merasakan efek samping tidak membutuhkan pengobatan. Meskipun  ada sebagian kecil yang mendapatkan pengobatan dan diobservasi lanjutan.

“Namun alhamdulillah mereka semua berakhir dengan happy ending, sehat”, sambung Hindra.

Diceritakan oleh Hindra sesuai hasil investigasi kepada pasien,  KIPI yang muncul setelah vaksinasi Covid-19 berupa pegal linu, nyeri di bekas suntikan, lemas, kemerahan, demam, mual dan perubahan nafsu makan. Namun, efek samping tersebut termasuk dalam efek samping kategori ringan.

Perdananews