by

Di Barat ada Black Friday, di Islam ada Jum’at Berkah Meraih Kemuliaan

PERDANANEWS.com Di Barat ada Black Friday, di Islam ada Jum’at Berkah Meraih Kemuliaan. Black Friday adalah nama informal untuk hari Jumat setelah hari Thanksgiving di Amerika Serikat. Black Friday dirayakan pada hari Kamis keempat setiap bulan November. Banyak toko menawarkan penjualan barang dengan harga promosi yang sangat tinggi dalam waktu 24 jam untuk menarik konsumen berbelanja hadiah Natal dan tahun baru.

Fenomena belanja saat diskon besar pada hari yang dinamakan Black Friday atau Jumat Hitam, yang menyebar dari Amerika Serikat ke negara-negara lain termasuk Inggris.

Biasanya toko akan buka lebih awal pada tengah malam atau bahkan mereka akan memulai penjualan pada saat hari Thanksgiving. Black Friday secara rutin menjadi hari belanja tersibuk di Amerika serikat sejak tahun 2005.

Mengapa dinamakan Black Friday?

Saat ini, nama Jumat Hitam mengacu pada catatan keuangan pengusaha ritel atau toko-toko yang “bergerak ke hitam” atau tidak lagi merah.

Dengan banyaknya orang yang belanja, bisnis ritel mengharapkan mendapatkan dana untuk menutup berbagai biaya pada hari tersibuk orang belanja ini.

Pada awalnya dinamakan Black Friday karena begitu banyak orang yang berbelanja dan menyebabkan kecelakaan dan terkadang perkelahian.

Kepolisian Philadelphia menggunakan istilah itu untuk menggambarkan kondisi lalu lintas.

Istilah Black Friday tercatat pada 1966 oleh Earl Apfelbaum, dealer perangko langka.

Lain dibarat, lain lagi dengan di Islam. Bagi Umat Islam, Hari Jumat adalah hari yang mulia, dengannya Allah mengagungkan dan menghiasi Islam. Allah memuliakan umat Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu. Umat Islam memanfaatkan hari Jumat untuk meraih kemuliaan meraup sebanyak-banyaknya pahala.

Rutinitas Umat Islam pada Hari Jum’at

Sebetulnya Apa saja yang biasa dilakukan Umat Muslim di Hari Jumat. Perdananews.com mengumpulkan beberapa aktivitas diantaranya :

  • Membaca Surah Al Kahfi

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at” (HR.Hakim)

Dalam lafazh lainnya dikatakan, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah).” (HR.Ad Darimi)

  • Perbanyak Shalawat

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1673.)

  • Perbanyak Doa

“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR.Bukhari & Muslim)

  • Perbanyak Sedekah

Bahwa sedekah di hari jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari yang lain. Sedekah di hari jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di selain ramadhan. (Zaadul Ma’ad 1/407)

Semoga kita dapat raih kemuliaan hari jum’at dengan amalan-amalan tersebut diatas.

(adr/pn)

Perdananews