by

Komnas HAM: Tembak Mati 4 Laskar FPI, Polisi Langgar HAM

PERDANANEWS.COM – JAKARTA – Komnas HAM: Tembak Mati 4 Laskar FPI, Polisi Langgar HAM. Setelah lama ditunggu oleh masyarakat terkait kesimpulan dari Komisi Nasional  Hak Asasi Manusia  (Komnas HAM), akhirnya  menyampaikan kesimpulannya bahwa penembakan 4 laskar FPI oleh polisi dari enam orang yang ditembak secara tidak manusiawi masuk kepada pelanggaran HAM.

Hal itu disampaikan oleh ketua Komisioner Pemantauan/Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul  Anam.

Anam menyampaikan pihaknya telah menyimpulkan bahwa ada unsur pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kasus penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek kilometer 50 tersebut.

Lantas Anam  membagi pokok perkara dari peristiwa pembantaian itu dengan 3 pokok perkara sebaimana dijelaskan berikut ini.

Pertama, Anam mengatakan bahwa benar ada upaya pembuntutan oleh petugas kepolisian Polda Metro Jaya terhadap Pimpinan FPI Rizieq Syihab terkait keberadaan dan pemeriksaan kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan oleh Habib Rizieq syihab (HRS) di petamburan.

Kedua, anam membenarkan adanya kondisi saling serempet atau saling pepet antara mobil laskar FPI dan petugas kepolisian, bahkan saling serang menggunakan senjata api. Namun demikian Anam mengakui bahwa informasi tentang terjadinya baku tembak antar lascar FPI dengan pihak kepolisian.

Perdananews