by

Ulama dan Negara

Oleh @Cak Windra

PERDANANEWS.comUlama dan Negara. Alim Ulama merupakan pelita penerang bagi umat Islam dimanapun berada setelah wafatnya Rasulullah SAW. Semakin banyaknya Ulama disuatu negeri tentu semakin bagus berarti banyak juga pelita yang menerangi. Setiap Alim Ulama mempunyai karomahnya sendiri-sendiri dan mempunyai karismanya sendiri juga disamping itu mempunyai gaya tersendiri dalam menyampaikan, dakwahnya kepada umat.

Mengingat masyarakat yang majemuk dari berbagai macam lapisan jadi terkadang ada yang menyukai model dakwah seperti ini, dan ada yang suka seperti itu. Tetapi meskipun demikian pesan yang disampaikan oleh para Alim Ulama bisa meresap didalam qalbu, setiap insan tidak terhalang oleh apapun. Barangkali dapat dibayangkan apabila disuatu negara lalu pelita penerang agama agak redup apa jadinya?.

Ulama dan Negara

Negara adalah tempat dimana berkumpulnya orang-orang dari berbagai golongan, suku, agama dan lain-lain. Setiap warga negara mempunyai hak yang sama dengan warga negara lainnya tidak ada bedanya. Jika salah satu warga negara melakukan kegiatan A maka warga negara yang lain juga tidak papa untuk melakukan B, terpenting adalah tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain.

Karena negara ini merupakan milik bersama seluruh rakyat tanpa terkecuali. Jadi setiap warga negara boleh melakukan segala kegiatan apapun itu asalkan tidak keluar dari garis peraturan hukum yang berlaku, selama masih didalam batas kewajaran tentu tidak jadi masalah. Sesuai dengan semangat demokrasi yang sudah dikobarkan pada tahun 1998.

Seharusnya apa yang telah dialami oleh Habib Rizieq Shihab tidak harus terjadi. Adanya upaya entah darimana datangnya seharusnya jangan sampai terjadi terhadap diri beliau. Didalam hal ini negara seharusnya hadir untuk memberikan perlindungan karena mau bagaimanapun bahwa Habib Rizieq Shihab adalah warga negara Indonesia.

Selain itu beliau juga merupakan Alim Ulama besar seperti Ulama yang lainnya. Oleh dari itu isu-isu yang kurang baik seperti deportasi tidak seharusnya dialami apabila itu benar maka negara, berkewajiban memberikan perlindungan terhadap warganya. Memang yang sudah diketahui bersama bahwa beliau mempunyai pandangan lain tetapi hal tersebut jangan dijadikan lantaran alasan, beda pandangan diperlukan agar memperbanyak suguhan hidangan di meja demokrasi.

Perdananews