by

Grab Bersinar Terang di Asia selama Pandemi

PERDANANEWS.comGrab Bersinar Terang di Asia selama Pandemi. Perusahaan ride-hailing terbesar di Asia Tenggara, Grab, berlomba untuk memanfaatkan lonjakan pengiriman makanan dan bahan makanan karena pandemi covid-19.

Perusahaan yang berbasis di Singapura itu tersebar di delapan negara, termasuk Indonesia dan Thailand. Layanan pengiriman bahan makanan bermereknya, GrabMart, menawarkan dukungan di balik layar untuk sekitar 13.000 toko ritel di wilayah tersebut, memungkinkan pengiriman ke rumah secepat 20 hingga 30 menit.

Dalam sebuah wawancara kepala regional GrabFood dan GrabMart, Demi Yu mengatakan bahwa perusahaan sedang mengejar strategi “apapun yang Anda bisa makan” dalam hal pengiriman ke rumah. “Kapan pun Anda lapar atau kapan pun Anda merencanakan makanan berikutnya … kami ingin Anda memikirkan Grab,” katanya.

Grab sendiri telah teruji melakukan pengiriman bahan makanan di Singapura dan Malaysia selama periode Oktober-Desember 2019. Sejak Maret tahun ini, perusahaan telah berkembang pesat ke enam negara lainnya karena wabah virus korona memicu permintaan untuk pengiriman ke rumah.

Peran perusahaan terbatas pada pengiriman. Perusahaan tidak membeli produk, melainkan bermitra dengan gerai ritel seperti toko serba ada dan supermarket dengan saluran distribusi yang mapan.

Grab telah terikat dengan jaringan toko serba ada FamilyMart di Thailand, Malaysia dan Indonesia, bersama dengan jaringan supermarket Big C di Vietnam.

Setelah pelanggan memesan, pengemudi Grab yang paling dekat dengan toko akan mengambilnya dan mengirimkannya dalam waktu sekitar 30 menit.

Beberapa supermarket besar di Asia Tenggara sudah memiliki layanan supermarket online sendiri yang mungkin bisa bersaing dengan GrabMart. Grab dapat hidup berdampingan dengan para pemain tersebut, karena ia menyediakan jenis layanan yang berbeda: pengiriman cepat untuk kebutuhan mendesak daripada pengiriman barang dalam jumlah besar yang dibeli sekali atau dua kali seminggu.

Perdananews