by

Sekolah Vokasi IPB University bersama BKP Kementan Kampanyekan Diversifikasi Pangan Lokal di Masa Pandemi

PERDANANEWS.com – Bogor. Sekolah Vokasi IPB University bersama BKP Kementan Kampanyekan Diversifikasi Pangan Lokal di Masa Pandemi. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, mengatakan capaian diversifikasi pangan adalah menurunnya konsumsi beras dan meningkatnya konsumsi pangan lokal sumber karbohidrat non beras. Beragam pangan lokal sumber karbohidrat non beras ini selain mengenyangkan juga menyehatkan, sehingga bagi yang ingin melakukan diet juga sangat baik untuk mengonsumsi pangan lokal tersebut. Tentu disertai dengan olahraga yang teratur dan gaya hidup sehat.

“Meningkatnya konsumsi pangan lokal sumber karbohidrat non beras, itu ukurannya. Artinya kalau itu meningkat pasti konsumsi berasnya menurun, ” ungkap Agung.

Menurut Agung, upaya diversifikasi pangan juga harus diikuti perbaikan akses masyarakat terhadap produk pangan lokal non beras tersebut. “Jadi dua hal kita lakukan, yaitu promosi dan memperbaiki akses. Akses ini bagaimana masyarakat mudah mendapat produk tadi. Kalau saya mau makan singkong misalnya, saya mudah mendapatkannya,” ujarnya.

Untuk mendukung berjalannya program tersebut, dilakukan kampanye melalui media sosial agar lebih mudah tersebar kepada masyarakat luas. Kampanye ini dilakukan melalui kerjasama yang terjalin diantara Sekolah Vokasi IPB University bersama Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Outputnya adalah iklan yang berisi pentingnya pangan lokal di media sosial, konten video bersama para tokoh masyarakat terkait gaya hidup dengan konsumsi bahan pangan lokal berupa challenge pada platform TikTok, twibon kampanye Diversifikasi Pangan Lokal dan trending topics melalui hashtag di media sosial twitter.

Dr Arief Daryanto, Dekan Sekolah Vokasi (SV) IPB University sekaligus anggota Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan mengatakan bahwa kerjasama antara SV dan BKP memberikan kesempatan berharga kepada para mahasiswa untuk terlibat langsung dalam sosialisasi dan diseminasi pentingnya ketahanan pangan dan percepatan diversifikasi pangan lokal.

Perdananews