by

Depok itu Jawa Barat, atau Jakarta?

Oleh: Hatma S.

PERDANANEWS.comDepok itu Jawa Barat, atau Jakarta?. Ada yang menarik dari bagan yang merupakan hasil pemotretan Partai Gelora DPD Depok ini. Partai yang baru lahir, namun langsung menyita perhatian publik dengan kehadirannya yang diperhitungkan di berbagai kabupaten & kota, sebagai partai politik (Parpol) pendukung pasangan calon (Paslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah di 199 daerah dari 270 Pilkada.

Potret tentang sebaran geografis isu di kelurahan & kecamatan milik Parpol baru yang banyak diisi oleh anak muda ini menarik. Dari 11 kecamatan dan 63 kelurahan di Depok, pada kisaran Oktober 2020, Parpol baru ini memotret dengan temuan bahwa isu ekonomi lokal ternyata ramai diperbincangkan di sebuah kecamatan, yaitu: Beji di Depok Jawa Barat.

Profil kecamatan ini adalah sebuah kecamatan dengan penduduk yang cukup padat. Dekat dengan pusat ekonomi Depok yaitu Jalan Margonda, kampus UI dan Gundar. Bahkan, Beji ini mepet dengan Jakarta Selatan. Bisa dibilang, ramai sekali UMKM berada disana. UMKM yang mayoritas bergerak di sektor perdagangan dan jasa. Jadi, wajar jika isu ini ramai diperbincangkan disana.

Yang menarik dari bagan ini adalah, kenapa tidak ramai diperbincangkan dengan ramai di kecamatan atau kelurahan lain? Bukankah Depok hanya “sak-uprit”? Apalagi ini di tengah pandemi.

Jumlah wirausaha di Depok hanya sekitar 1% dari total penduduk. Ini pun yang tercatat oleh Pemkot. Secara geografis, mengingat sektor perdagangan & jasa adalah sektor usaha utama di Depok, kemungkinan besar mayoritas dari 1% itu ada di Kec. Beji.

Apakah mungkin karena UMKM terpukul hebat oleh pandemi?

Fenomena ini tergambar dalam survei Katadata Insight Center (KIC) terhadap pelaku UMKM di Jabodetabek pada medio Juni lalu. Dari laman KataData, hasil survei menunjukkan hanya 5,9% UMKM yang mampu memetik untung ditengah pandemi. Namun di sisi lain, ada 82,9% pelaku usaha yang terkena dampak negatif pandemi. Bahkan 63,9% mengalami penurunan omzet lebih dari 30%.

Boleh jadi, karena di Beji banyak UMKM, dan 60% lebih UMKM (secara nasional) mengalami pukulan hebat, lantas isu ekonomi lokal ini ramai diperbincangkan disana. Lalu, bagaimana dengan kelurahan lain?

Perdananews