by

Alumni IPB University Ini Dulu Jualan Kaset, Kini Menjadi Sekretaris Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

PERDANANEWS.com – Alumni IPB University yang juga Sekretaris Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ir Agung Kuswandono, MA membagikan pengalaman perjalanan karirnya kepada mahasiswa IPB University, (11/11). “Mau jadi apapun, harus fokus. Kalau sudah memilih, harus konsisten dan dalami. Tidak ada yang instan. Karena proses kehidupan pastinya panjang,” ujarnya mengawali.

Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University ini mengawali karirnya di pemerintahan sebagai pegawai bea dan cukai. Butuh waktu hingga dua puluh tahun, dari 1991 sampai 2011, hingga dirinya diangkat sebagai Direktur Jenderal Bea dan Cukai.

“Tetapi prosesnya tidak singkat. Sebelum masuk ke sana, saya pernah dua minggu keliling Bogor jadi penjual kaset karena belum ada pekerjaan. Kemudian saya melamar kerja ke puluhan perusahaan. Jadi setiap Sabtu dan Minggu, kerjaan saya adalah membuat surat lamaran,” kenangnya.

Agung bahkan menceritakan pengalaman lucu sekaligus menyedihkan yang sempat ia alami dalam berjuang mencari pekerjaan. Ia menuturkan bahwa ia sempat lolos seleksi di sebuah perusahaan swasta, namun ketika duduk di lobby gedung sebelum kembali ke rumah, ada seorang ibu-ibu muda yang mendatanginya.

“Ibu muda tersebut menegur saya, mas mau kerja disini ya? Iya bu, kata saya. Jangan mas, perusahaan ini mau bangkrut, katanya. Suami saya sudah tiga bulan tidak digaji. Jadi bayangkan, pagi itu saya diterima, sorenya saya pulang dengan tangan hampa lagi,” katanya.

Perdananews