by

Gelorakan Semangat Muda

Oleh @Cak Windra

PERDANANEWS.comGelorakan Semangat Muda. 28 Oktober 1928 merupakan peristiwa penting dimana para pemuda dan pemudi Indonesia disaat itu saling berikrar. Yang isinya sebagai berikut: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Selain itu sumpah pemuda juga salah satu pergerakan sebelum kemerdekaan pada 17 Agustus tahun 1945.

Lahirnya sumpah pemuda dikarenakan jiwa-jiwa muda yang menggelora disebabkan politik pemerintah Belanda kurang etis. Dari situ terlihat bahwa kesadaran rasa nasionalisme diantara pemuda betapa pentingnya menunjukan jati diri bangsa.

Sehingga kongres diantara pemuda terjadi pada 28 Oktober 1928. Dengan tonggak sejarah tersebut bisa dijadikan pegangan untuk pemuda zaman sekarang. Untuk itu semangat sumpah pemuda bisa diterapkan di zaman ini disegala bidang sesuai kemampuannya masing-masing.

Karena setiap orang mempunyai jalannya yang berbeda untuk mewujudkan rasa nasionalismenya terhadap negeri ini. Hikmah dari sumpah pemuda adalah pentingnya saling bergandengan tangan tidak bisa jalan sendiri-sendiri.

Karena pada saat itu para pemuda dimasa itu sadar betul bahwa membangun organisasi yang sifatnya lokal mudah sekali dihambat, oleh pemerintah Belanda. Jadi penting untuk bersatu dari berbagai macam daerah.

Gelorakan Semangat Muda

Hal tersebut bisa dilihat dari butir-butir untaian mutiara kata yang sudah disalin menjadi teks. Dari situ memberikan gambaran bahwa ada pergolakan batin yang tercermin tampak bersemangat untuk bersatu sebagai bangsa Indonesia.

Nilai-nilai semangat seperti itu yang perlu digobarkan kembali. Bukan hanya sekedar dijadikan peringatan setiap tahunnya bahwa pentingnya mengingat sejarah 28 Oktober 1928. Hal tersebut tidak hanya mandek dipara kaum muda saja tetapi untuk kita semua segenap putra, putri bangsa.

Dengan begitu semangat yang sudah dinyalahkan oleh para pendahulu bangsa ini tetap terus terasa hangatnya. Dalam membangun negeri ini semakin lebih baik lagi.

Perdananews