by

Kolaborasi IPB University dan Danone AQUA Resmi Luncurkan Inovasi Sumur Resapan Bijak Berplastik

PERDANANEWS.comKolaborasi IPB University dan Danone AQUA Resmi Luncurkan Inovasi Sumur Resapan Bijak Berplastik. Plastik non ekonomis atau jenis plastik dengan nilai ekonomi rendah seperti kresek hitam, alumunium sachet, diapers serta alumunium foil masih menjadi tantangan bagi pengelolaan sampah di Indonesia. Sebab, jenis plastik tersebut tidak memiliki banyak pilihan jalur daur ulang sehingga akhirnya dibiarkan menumpuk menjadi pencemar lingkungan. Dalam webinar Inovasi Konservasi Air, Kamis (22/10), Danone AQUA mendukung IPB University dan PT Oriplus meluncurkan Sumur Resapan Bijak Berplastik (Biber).

Inovasi sumur resapan yang bahan utamanya berasal dari plastik non ekonomis tersebut dinilai dapat mengurangi risiko banjir. Biber mencegah air hujan menjadi run off serta bermanfaat sebagai alat konstruksi sumur untuk menampung cadangan air tanah sekaligus solusi penanganan plastik non ekonomis.

Launching Sumur Resapan Biber tersebut digelar untuk memperkenalkan sumur resapan sebagai langkah melakukan konservasi air dan pengelolaan sampah plastik non ekonomis serta menginspirasi publik agar membuat kolaborasi solutif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan di Indonesia. Dan juga untuk menginsipirasi pemerintah daerah untuk menjadikan sumur tersebut sebagai alat konservasi terutama di daerah urban.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria dalam sambutannya mengatakan bahwa sumur resapan Biber karya dari Dr Nana Mulyana, peneliti IPB University dari Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) ini diharapkan dapat diimplemetasikan di berbagai kota di Indonesia. Terutama saat ini, dimana musim hujan mulai menghampiri dan risiko banjir tentu akan meningkat.

Dr Bambang Hendroyono, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga mengatakan dalam sambutannya bahwa masalah lingkungan hidup merupakan masalah bersama sehingga perlu sinergi dari semua stakeholder. “IPB University telah dikenal sebagai salah satu pelopor Green Campus di Indonesia dan memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem lingkungan di sekitar kampus bahkan di lingkungan luar kampus, ” katanya.

Perdananews