by

Refleksi Hari Santri Oleh Anis Matta, Ketum Gelora

PERDANANEWS.COM  Refleksi Hari Santri Oleh Anis Matta, Ketum Gelora. Anis Matta (AM) tokoh mudah potensial yang memiliki ide dan gagasan kadang di luar nalar, merefleksi perjalan santrii dari sejak dirinya menjadi santri hingga saat ini pasca ditetapkannya hari santri nasional oleh pemerintahan Jokowi.

Dalam ulasannya di kolom fanpagenya AM mengenang kembali masa-masa kecilnya saat berada di pondok pesantren. Kalimatnya dimulai dengan menceritakan sebuah perjalanan masa-masa indah di pesantren.

“Dalam suasana peringatan Hari Santri  ini saya teringat sebuah buku yang saya baca waktu nyantri di PP Darul Arqam, Gombara, Makassar”, tutur Anis dalam goresan penanya.

Mantan politisi PKS itu juga menceritakan betapa dirinya tergugah oleh sebuah buku yang sangat bagus, buku motivasi yang perlu dibaca kembali oleh banyak orang.  Termasuk kalangan santri milenial saat ini.

Buku yang diceritaka itu adalah buku karangan seorang penulis ternama yang bernama Saifuddin Zuhri. AM mengisahkan bahwa penulis buku tersebut adalah seorang wartawan senior dan politisi.

“Saya mengingatnya karena buku itu sangat menggugah. Judulnya “Guruku Orang-Orang dari Pesantren” yang ditulis Saifuddin Zuhri, pejuang, wartawan, dan politisi”, papar Anis.

Buku yang berjudul “Guruku Orang-Orang dari Pesantren” adalah buku lama yang terus diterbitkan kembali hingga sekarang. Anis memperkirakan buku ini terbit pertama kali pada tahun 2004 atau 2005an.

“Ini buku lama, kalau tidak salah edisi pertamanya tahun 1974 atau 1975. Saya senang karena saya baca di internet buku ini masih diterbitkan ulang sampai sekarang”, sambung Anis.

Perdananews