by

Solusi Ekonomi Untuk Selamat di Kuartal IV 2020

Solusi Ekonomi Untuk Selamat di Kuartal IV 2020. Resesi sudah terjadi di Indonesia dengan melihat fakta PDB quarter to quarter (kuartal ke kuartal) dan fakta yang dirasakan publik sampai kuartal 2 2020. Namun tim ekonomi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani membantah Indonesia sudah resesi pada kuartal 2 tahun 2020 berdasarkan hasil rilis BPS yang menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia -5.32% (yoy) baru terjadi. Bagaimana bisa? ACHMAD NUR HIDAYAT

Oleh Achmad Nur Hidayat MPP | Pakar Kebijakan Publik Narasi Insititute

PERDANANEWS.com – Sebagaimana kita ketahui, Pandemi COVID-19 telah menyebabkan porak poranda ekonomi dunia dan nasional. Kalangan pelaku bisnis begitu tertatih menyelamatkan usaha mereka akibat COVID-19. Pemerintah memprediksi tahun 2021 ekonomi berada pada level 4.5-5%. Kenyataannya, sulit dicapai. Potensi ekonomi tidak dapat 100% dicapai selama protokol kesehatan digunakan.

Bila 4.5-5% itu adalah asumsi kapasitas 100% digunakan maka angka realistisnya pertumbuhan ekonomi berada dibawah itu, Prediksi PodNarasi adalah 2.5-3.9%. Protokol kesehatan mungkin akan direlaksasi tapi dihilangkan pada tahun 2021 masih jauh.

Selama vaksin belum didistribusikan 100% kepada penduduk dewasa maka protokol kesehatan akan terus diberlakukan.
Dalam protokol kesehatan, tidak mungkin full capacity digunakan. Industri maskapai penerbangan hanya diizinkan 70% dan restoran-hiburan hanya melanyani 50%.

Sementara overhead cost seperti karyawan, listrik harus dibayar penuh oleh pelaku usaha. Dengan pembatasan tersebut kapasitas dunia usaha tidak akan berlangsung normal dan kondisi tersebut diprediksi berlanjut sampai akhir 2021.

Pemulihan ekonomi masih mengandalkan belanja negara karena pihak swasta masih tertatih mengkompensasi biaya operasionalnya.
Pola pemulihan ekonomi Indonesia yang hanya mengandalkan belanja negara akan membentuk pola U bahkan L dan sulit untuk mencapai pola kurva V.

Apabila terdapat gelombang kedua di tahun 2021 maka pola pemulihan ekonomi menjadi W. Bagaimana dengan Pertumbuhan ekonomi tahun 2020 ini. Bank Dunia, OECD dan IMF memproyeksi ekonomi Indonesia 2020 ini adalah terkontraksi 1-3%. namun tahun depan akan better off meski tidak setinggi prediksi Pemerintah 5%. Solusi Ekonomi Untuk Selamat di Kuartal IV 2020

Perdananews