by

Raja VS Rakyat, Gemuruh Revolusi di Thailand

PERDANANEWS.COM – Jakarta – Raja VS Rakyat, Gemuruh Revolusi Menggema di Thailand. Salah satu Negara di Asia Tenggara yang menggunakan sisten kerajaan dalam pemerintahannya adalah Thailand.

Hal yang paling sensitive dalam sisten kerajaan adalah melakukan kritik terhadap kerajaan. Pengkritik bisa mendapatkan hukuman hingga dalam waktu yang sangat lama. Karena mengkritik adalah bagian dari suatu yang tabu dan merupakan kejahatan.

Namun dalam beberapa bulan terakhir, demonstrasi rakyat pecah. Mereka para demonstran menuntut adanya reformasi.

Para demonstran melakukan  unjuk rasa di ibu kota negara, Bangkok. Demonstran menuntut adanya perubahan dan mendesak PM Thailand, Prayuth Chan-ocha mundur dari jabatannya.

Akhir pekan kemarin masa melakukan demonstrasi dengan kekuatan penuh. Bahkan media menyebut bahwa unjuk rasa tersebut merupakan unjuk rasa terbesar dalam beberapa tahun yang dihadiri puluhan ribu massa.

Akibat dari demonstrasi itu pihak berwenang mengeluarkan dekrit keadaan darurat, melarang massa berkumpul.

Kesakralan dan kerahiban kerajaan serta keberadaan raja yang selama ini dilindungi dari kritik masyarakat, akhirnya didobrak para generasi muda Thailand, yang secara terbuka menantang lembaga kekuasaan itu melakukan perubahan.

Perdananews