by

Omnibus Tidak Mengangkut Disabilitas

Oleh Cak Windra | Kontributor Perdananews.com

PERDANANEWS.comOmnibus Tidak Mengangkut Disabilitas. Sesungguhnya setiap orang diciptakan sama dibekali perangkat yang sama juga oleh Sang Pencipta Kehidupan. Mempunyai akal fikiran yang sama disetiap orang tidak ada bedanya. Sebagai pembeda adalah fisik dalam aktifitasnya. Dalam hal ini yang sering diketahui oleh umum adalah teman-teman disabilitas. Masih ada anggapan dari beberapa pandangan orang.

Kalau teman-teman yang mempunyai kekurangan ini tidak banyak diberikan kesempatan untuk berkiprah dibidang yang disukainya. Walaupun didalam peraturan yang ada sudah diatur begitu apik untuk saat ini. Tetapi kenapa dalam UU Cipta Kerja kemarin tidak diperkuat kembali. Untuk tenaga kerja bagi teman disabilitas.

Bahwa harus dan wajib untuk perusahaan milik negara, daerah ataupun suasta mempekerjakan mereka apabila tidak bisa dipidanakan.. Tentu dengan kemampuannya masing-masing. Dengan begitu apabila nanti banyaknya lapangan pekerjaan teman disabilitas juga bisa merasakan manfaatnya.

Jangan lagi dianggap kaum marginal. Karena ini eranya sudah teknologi sehingga berikan juga kepada mereka kesempatan yang sebesar-besarnya. Apabila ada payung hukum yang kuat maka pintu peluang akan terbuka lebar. Memang peraturan yang sudah ada mengatakan kalau disabilitas mendapatkan porsi 2 atau 1 persen dari jumlah dari karyawan yan ada.

Tetapi belum maksimal praktek di lapangan. Oleh dari itu kenapa tidak sekalian dalam UU Cipta Kerja diperkuat. Kalau memang sesuai dengan namanya Cipta Kerja. Lalu diharapkan para investor akan banyak menanamkan modalnya. Berarti dengan begitu tenaga kerja akan bbanyak yang terserap didalamnya.

Jadi kenapa tidak untuk teman para penyandang disabilitas juga diberikan pioritas agar bisa bekerja. Tidak hanya mengharapkan dana sosial terus-menerus apabila mampu untuk bekerja tentu berikan kesempatan.

Perdananews