by

Jutaan Rakyat AT Masuk Jurang Kemiskinan

“Saya sama sekali tidak mengharapkannya. Saya harus berterima kasih kepada Tuhan karena dia memberi saya cukup tabungan untuk saat ini. Semoga saja ini bertahan.” kata Jenn Pinon memelas.

Kemungkinan kawasan Asia Tenggara akan berada pada urutan kedua di belakang India dalam memetakan jumlah orang miskin baru di Asia tahun 2020 ini. Sebagaimana diketahui bahwa jutaan orang telah kehilangan pekerjaannya.

Prediksi itu disampaikan oleh Ramesh Subramaniam, direktur jenderal Bank Pembangunan Asia (ADB) Asia Tenggara di Manila.

“Secara keseluruhan, ini menunjukkan pemulihan yang panjang dan berlarut-larut,” kata Ramesh

Sejalan dengan Ramesh,  seorang ekonom di Oxford Economics, Priyanka Kishore mengatakan bahwa kurangnya permintaan konsumen, kebangkrutan yang akan datang, dan social distancing akan terus mengganggu pertumbuhan pasar.

“Kami memperkirakan PDB Asia Tenggara menjadi 2 persen di bawah garis dasar sebelum Covid bahkan pada tahun 2022.” prediksi Priyanka

Hasil penelitian dari Institut Penelitian Ekonomi Pembangunan Universitas Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa, terdapat sekitar 347,4 juta orang di Asia-Pasifik akan menyandang status baru yakni jatuh di bawah garis kemiskinan dengan penghasilan berkisar USD 5,5 per hari.

Perdananews