by

Jutaan Rakyat AT Masuk Jurang Kemiskinan

PERDANANEWS.COM – Jakarta – Jutaan Rakyat Asia Tenggara Masuk Jurang Kemiskinan. Wabah virus corona yang melanda dunia setengah tahun terakhir ini, telah melumpuhkan prekonomian dunia. Permintaan (Diman) menurun hingga membuat pihak produsen melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran karena tidak sanggup menutupi biaya operasional.

Terjadinya PHK besar-besaran oleh perusaan-perusahaan, menambah beratnya kehidupan mereka para pekerja yang di-PHK. Mereka jatuh pada jurang kemiskinan karena sulitnya mendapatkan pemasukan.

Hampir semua Negara termasuk negara-negara di Asia Tenggara harus menghadapi kemunduran besar dalam perekonomian masyarakatnya akibat wabah pandemi covid-19.

Salah satu Negara Asia yang cukup mengalami pukulan telak ekonomi adalah Filipina di mana negara ini tercatat sebagai Negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di Asia Tenggara.

Efek lockdown berkepanjangan yang diterapkan oleh pemerintah Pilipina, telah menghancurkan perekonomian masyarakat setempat. Diantara warga yang merasakan kemunduran yang sangat adalah warga Manila bernama Jenn Pinon (35) yang berprofesi di gelar seni rupa.

Sungguh tak dinaya, tak disangka, dirinya harus mengalami PHK  dari kontraknya sebagai desainer grafis. Akhirnya untuk menyambung hidup dan memenuhi  kebutuhannya, Jenn rela beralih profesi menjadi penjual telur secara online. Dia juga harus rela tinggal di unit kondominium yang tidak terpakai milik temannya untuk menekan biaya hidup sehari-hari.

Perdananews