by

Ruang Aspirasi Jangan Dibatasi

Oleh Cak Windra | Kontributor Perdananews.com

PERDANANEWS.comRuang Aspirasi Jangan Dibatasi. Pemerintah dan rakyat bagaikan orang tua dan anak. Apabila saling mendengarkan sesuai dengan posisinya tentu akan indah. Tidak ada yang saling rebut benar apalagi selalu ingin dimengerti.

Karena kalau satu dan lainnya saling tarik-menarik tali kepentingan maka hukum alam akan ada yang terjatuh. Tentu yang kuat akan menjadi pemenangnya meskipun tidak bisa demikian.

Sedangkan orang tua yang sudah banyak makan asam garamnya kehidupan tentu mengetahui bagaimana cara trik menarik tali tanpa harus mengeluarkan, tenaga terlalu banyak. Bagi seorang anak yang seharusnya dilindungi karena belum cukup banyak pengalaman tentu akan mudah terjatuh.

Padahal si anak memperlukan uang untuk jajan, beli buku dan membeli keperluan yang lainnya. Karena uang yang diberikan tidak sesuai dengan harga kebutuhan zaman sekarang. Tetapi kenapa tidak dipenuhi dan malah selalu disalahkan. Ekspresi menunjukan bahwa sedang kesal tentu banyak caranya apabila tidak ada respon. Sehingga kenapa harus melakukan demikian.

Kalau aspirasi sudah sepi di parlemen dan di negeri ini lalu harus kemana lagi. Di jalan dilarang dan tudingan-tudingan tidak karuan. Sedangkan balur keadilan itu yang diinginkan oleh segenap elemen masyarakat. Adanya pembatasan jarak bukan berarti harus ada pembatasan pemikiran.

Suara rakyat juga harus didengarkan dan juga dijadikan bahan pertimbangan karena yang langsung merasakan dampak, dari suatu undang-undang. Jangan selalu rakyat disuruh manut tidak boleh apa-apa. Bagi piyayi yang ada diatas memang tidak kurang suatu apapun tidak pusing memikirkan kebutuhan.

Perdananews