by

ILC Tak Jadi Tayang, Penonton Mesti Sabar

Oleh: Erizal

PERDANANEWS.comSabar, Meski ILC Tak Jadi Tayang. Minggu, 11 Oktober, saya sudah menunggu kehadiran ILC, pada Selasa, 13 Oktober, berharap dapat pencerahan soal UU Omnibus Law Cipta Kerja. Sebab, pembuat UU menilai UU ini bagus, tapi pihak lain menilai tak bagus, bahkan berpotensi menyengsarakan rakyat.

Tapi, Selasa, 13 Oktober, itu dipastikan ILC tak tayang. Entahlah. Istilah Bang Karni: “Tidak semua yang saya tahu bisa saya katakan. Tidak semua yang saya alami bisa saya ceritakan.” Ini persis kayak pilpres tahun lalu. Tapi saat ini bukan pilpres? Masih 4 tahun lagi.

Tentu saja, ILC, tvOne, dan Bang Karni sendiri menuai kritik. Macam-macamlah. Tapi, itulah suatu keputusan, suatu sikap, tak akan bisa menyenangkan semua pihak. Mestinya, begitu juga dengan UU Omnibus Law Cipta Kerja itu. Jangan antipati untuk dibahas, untuk dikuliti.

Tapi, memang, entah kenapa tingkat emosional terhadap UU ini begitu tinggi? Situasi yang melatarinya juga berpengaruh. Pihak-pihak yang ingin menuai “poin politik” terhadap UU ini juga ikut berselancar ria. Seolah-olah tak tahu menahu, semua diputus di ruang gelap-gulita. ILC Tak Jadi Tayang

Tak hanya soal substansi, proses, malah teknis seperti jumlah pasal dan halaman pun menjadi sorotan penting. Dan semuanya dengan nada emosional yang hampir sama. Malah, seruan dari petinggi buruh pun, yang hanya ingin pasal UU kontroversial saja yang dihapus, juga sirna.

Tuntutan yang paling emosional yang sempat terdengar, yakni “Turunkan Jokowi”. Entahlah. Situasi apa ini? Wajar saja, ILC atau Bang Karni akhirnya memutuskan agar ILC ditiadakan malam tadi, dengan segala risikonya. Dan itu merugikan publik lebih luas mencari titik cerah.

Saat emosional sama-sama memuncak, memang diskusi menjadi tak ada artinya. Diam dan menahan diri jauh lebih baik. Dan itu sabar yang tidak mustahil dimiliki kaum revolusioner yang jauh lebih dahsyat. Jika memang ada bau busuk disembunyikan, pasti akan tercium juga. Dan pihak-pihak penabur angin, pasti akan menuai badainya sendiri.

(rls/red Perdananews.com)

Perdananews