by

Revilla Oulina, Komandan Pasukan PBB di Afrika Asal Pariaman

PERDANANEWS — Letnan Kolonel (sus) Revilla Oulina, M.Pd, M.Si yang asal Padang Pariaman ini begitu membanggakan kampung halamannya. Sebagai prajurit Wanita TNI Angkatan Udara (Wara), ia menjadi bagian dari tim Unamid (United Nation African Union Mission) dan diangkat sebagai Chief U9 Unamid. Senin, 20 Juli 2020. Villa lahir dan besar di Korong Bukik Caliak, Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampuang Dalam, Kabupaten Padang Pariaman.

Perlu dicatat, ia adalah perempuan pertama di dunia yang mendapat jabatan itu dari PBB. Laporan ini pernah dirilis patriot.id 2018 silam. Ci uniang Revila merupakan satu dari Sembilan perempuan Indonesia yang kini bertugas di tempat yang sama. Lainnya, berasal dari Polisi.

Baca juga : Debut Pertama Partai Gelora Jatim di 14 Pilkada

Tepatnya di Darfur, Kota Al-Fashir, Sudan, Letnan Kolonel villa menjadi bagian dari pasukan perdamaian PBB di tengah konflik dan perang saudara di Sudan. Villa menjadi prajurit Wanita TNI Angkatan Udara (WARA) dan menjadi bagian tim United Nation African Union Mission (Unamid). Di tim tersebut, Villa diangkat menjadi Chief U9 Unamid.

“Selama bertugas di Sudan semenjak Juni 2017 lalu, tepatnya di Kota Elfasher banyak program yang sudah kami lakukan, di antaranya renovasi klinik, renovasi masjid, dan layanan social serta fisik lainnya,” tegas Revila yang pernah di Menwa (Resimen Mahasiswa) Maharuyung, asal FKIP Universitas Bung Hatta tahun 1990 ini.

Baca juga : Mantan Mendikbud, Prof Abdul Malik Fajar Meninggal Dunia

Atas keberanian dan kepiawaiannya sehingga menjadi komandan perempuan pertama pasukan PBB di Sudan, Villa diberi penghargaan berupa medali Penjaga Perdamaian PBB atau UN Peacekeeping Medal pada 2018 lalu. Tugas Revilla di Sudan berakhir pada Juli 2018 lalu. Setelah itu ia kembali ke Indonesia. Sekarang Alumnus Universitas Bung Hatta tersebut bertugas di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (SEKKAU) yang bermarkas di Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur. Di SEKKAU, Villa menjadi pendidik bagi prajurit-prajurit baru. Selain punya prestasi mengkilap di kancah dunia, Villa dinilai cocok sebagai pendidik karena ia di tingkat SMA, Villa menempuh pendidikan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) 2 Padang.

“Sekarang saya di bagian pendidikan SEKKAU. Karena saya juga ada latar belakang sebagai pengajar karena saya pernah sekolah SPG,” ucap Villa (*)

Revilla Oulina, Komandan Pasukan PBB di Afrika Asal Pariaman

(rls/red Perdananews Jatim)

Perdananews